Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

   Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat | "Jerawat kok dipelihara". Ini kata yang pertama kali mungkin disebut jikalau lihat teman mengeluh karena kelihatan jerawatnya. Tapi jerawat apa yang gak kelihatan? He... He...
Jerawat memang merupakan hal yang sudah lumrah, apalagi bagi anak yang sedang memasuki permulaan masa remaja (masa puber). Korbannya yang sering dimunculi jerawat ini, adalah mereka yang mempunyai kulit berminyak. Jerawat pastinya bukan menjadi persoalan, jika tidak meninggalkan bekas yang permanen. Tapi jika jerawatnya yang membengkak, walaupun tidak berbahaya, bila sudah sembuh, masalahnya boleh menjadi tanda bercak-bercak/bekas-bekas kecil yang jelek. Apalagi jika pada jerawat terdapat luka/radang boleh juga menjadi infeksi walaupun jarang. Wanita/gadis yang akan haid mungkin boleh jadi mendapat jerawat-jerawat ini.




Penyebab jerawat adalah kelenjar-kelenjar minyak/lemak di dalam kulit yang tersumbat di saluran keluar lalu menjadi bintik (comedo). Jika saluran kelenjar minyak terpecah dan merembes di antara lapisan kulit, inilah yang muncul menjadi jerawat. Makanan bukanlah penyebab jerawat, tetapi pada beberapa makanan tertentu, bisa menjadi pemicu jerawat khususnya bagi orang yang kulitnya banyak berminyak. Contoh makanan-makanan yang dapat memicu timbulnya masalah jerawat, antara lain:

Coklat dan makanan manis yang berlebihan.
Kacang-kacangan, atau makanan yang mengandung kacang.
Daging yang berlemak.
Makanan-makanan inilah yang boleh mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, dan jika ketidakseimbangan ini terus berlangsung, mustahil problem jerawat bisa cepat dihilangkan.
Berikut ini ada tips terapi/perawatan untuk mencegah timbulnya jerawat, yaitu:

Selalu menjaga kebersihan kulit, dengan mencuci dengan bersih-bersih dengan sabun yang sehat, minimal 5 kali sehari. 2-nya, diwaktu mandi.
Sebelum mencuci kulit/mandi, dianjurkan memakai handuk tebal yang lembab hangat untuk tutupi seluruh muka/wajah (kecuali hidung) selama 10-15 menit untuk mempermudah pengeluaran kelenjar minyak.
Boleh juga dicoba, berjemur/mandi cahaya matahari secukupnya buat menjaga kesehatan kulit, jangan dibiarkan terasa panas atau berlebih-lebihan.
Usahakan makan makanan yang bergizi dan seimbang yang terdiri banyak buah-buahan dan sayur-sayuran yang segar. Boleh juga minum air dan sari buah. Dianjurkan meminum tablet vitamin A, kalau perlu bisa ditambahkan di makanan. Dan usahakan hindarkan segala makanan yang memicu timbulnya jerawat tadi.
Hindarkan segala bentuk ketegangan syaraf, jauhi perasaan gelisah. Juga tidurlah istirahat sekurang-kurangnya 7-8 jam setiap malam. Jangan terus-terusan mikiran pacar ok. Cie...eh..
Wah, jerawat ini, memang buat repot, payah, menyusahkan, jadi nambahin gelisah saja. Apalagi yang nggak kelihat...apa ya...
Jerawat Siluman...
ket: jerawat ini selain harganya mahal, tapi bisa terbang cepat tanpa terdeteksi... (becanda)
Harap loh maklumi, bahwa cewek/gadis remaja memang paling takut sekali dengan jerawat. Dan jika loh ada yang memang berjerawat, bisa coba memakai beberapa macam ramuan/obat untuk mengobati/hilangkan jerawat berikut ini, antara lain:

Obat anti jerawat/acne
Khan banyak dijual di apotik atau toko obat, janganlah malu-malu dan tanyakan saja ke apoteker nya mana sih obat-obat yang manjur atau cocok buat mengobati jerawat.
Dan lalu beli dan pilihlah mana yang terbaik.
Salep buat sendiri untuk mengobati infeksi jerawat
- Salep hydrophilic secukupnya 60 gr
- Recorcinol 1,8 gr
- Sulfur precipitatus 3 gr
Setelah dibuat salep, taruhlah pada bagian-bagian tubuh yang terinfeksi sekali atau dua kali sehari.

   Demikian artikel Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat, Semoga Bermanfaat.
Terimakasih anda telah membaca artikel Cara Mencegah dan Menghilangkan Jerawat Silahkan baca artikel Yepi Share Everything Tentang | Yang lainnya. Dan saya ucapkan juga terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Bermanfaat untuk anda.
Jangan Lupa Gabung Bersama Kami Dengan Like Facebook Di Bawah Ini :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan segala bentuk link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM