Tips Cara Tangani Demam Pada Anak

  Tips Cara Tangani Demam Pada AnakPerkembangan kualitas tubuh anak ditentukan oleh pola pengasuhan yang dilakukan orang tuanya. Termasuk menyangkut pola makannya. Perlu dipahami bahwa secara alami, Tuhan telah memberikan system kekebalan dalam tubuh anak. Sistem imun ini dapat berkembang atau bahkan menurun seiring pola pengasuhan an pola makan yang diterapkan orang tuanya. Karena itulah setiap orang tua, khususnya para Ibu, harus memahami benar kondisi tubuh dan perkembangan anak-anaknya.
Demam merupakan kondisi dimana badan mengalami panas di atas normal. Kondisi ini terjadi karena tubuh memberikan reaksi terhadap serangan racun yang masuk dalam tubuh. Secara alami, apabila jumlah toksik yang masuk tidak banyak, tubuh pun akan menetralisirnya secara normal pula. Namun apabila racun atau toksik yang ada dalam tubuh sudah melebihi ambang batas, maka secara alami pula tubuh akan memberkan reaksi yang setara.
Nah, demam merupakan reaksi tubuh untuk memberikan atau memproduksi panas berupa peningkatan suhu tubuh untuk menetralisir toksik-toksik yang sudah kelewatan. Karena itu, demam lebih sebagai gejala awal yang harus segera diantisipasi. Kondisi tubuh anak yang tidak cukup mampu mengatasi toksik harus dibantu d engan penanganan yang tepat oleh ibunya. Langkah yang harus dilakukan Ibu adalah sebagai berikut :
  1. Berikan anak dengan banyak minuman karena demam menyebabkan hilangnya banyak cairan tubuh anak akibat pembakaran yang terjadi.
  2. Berikan campuran madu dan air kelapa muda (air degan) untuk menurunkan panas tinggi pada tubuh anak. Kalau tidak ada air kelapa muda dapat diberikan madu yang dicampur dengan air putih hangat.
  3. Bila demamnya tinggi, berikan kompres dengan air dingin pada kepala, kening, dan ketiak anak. Bla perlu, atau kondisi panas badannya sangat tinggi, kompres dilakukan pada seluruh tubuh.
  4. Namun sebaiknya jangan menyelimuti tubuh anak yang demam pada seluruh tubuhnya.
  5. Berikan jus buah-buahan manis dicampur madu untuk mengganti nafsu makan anak yang hilang. Sebaiknya Ibu jangan memaksa anak untuk makan.
  6. Kadang demam berawal dari kesulitan anak saat buang air besar. Karena itu usahakan anak untuk dapat buang air besar, setidaknya sehari sekali. Namun bila anak mengalami konstipasi atau sulit buang air besar, berikan jus campuran papaya, melon dan madu sebanyak 3 kali sehari.
  7. Untuk mengurangi demam, Ibu juga dapat membuat ramuan dari bawang merah yang dihancurkan dan dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan ini lantas dioleskan ke seluruh tubuh anak. Kalau tidak ada minyak kelapa dapat diganti dengan baby oil.
  8. Namun apabila langkah diatas tidak memberikan hasil maksimal, tidak ada salahnya bila Ibu memberikan obat penurun panas atau membawanya ke dokter terdekat.

Terimakasih anda telah membaca artikel Tips Cara Tangani Demam Pada Anak Silahkan baca artikel Yepi Share Everything Tentang Yang lainnya. Dan saya ucapkan juga terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Bermanfaat untuk anda.
Jangan Lupa Gabung Bersama Kami Dengan Like Facebook Di Bawah Ini :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan segala bentuk link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM