Bayi Jangan Sering Bangun Ketika Tidur Agar Otaknya Optimal

   Bayi Jangan Sering Bangun Ketika Tidur Agar Otaknya OptimalBayi diketahui memiliki waktu tidur yang panjang dan lama. Orangtua sebaiknya menjaga agar bayi tidak sering terbangun saat tidur terutama malam hari untuk membantu mengoptimalkan perkembangan otaknya.


"Ketika tidur maka bayi akan mengingat kembali stimulasi yang sudah didapatnya, untuk itu sebaiknya orangtua melindungi waktu tidur bayi," ujar dr Rosalina Dewi Roeslani, SpA(K) dalam acara Mamypoko mendampingi ibu mendapatkan pemahaman yang tepat seputar mitos perawatan bayi baru lahir di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa (13/3/2012).

dr Rosalina menuturkan saat tidur bayi akan mengalami fase REM (Rapid Eye Movement) dan juga fase Non-REM (Rapid Eye Movement). Ketika bayi memasuki fase REM maka ia akan mengingat bagaimana cara berjalan, bergerak. Sedangkan saat fase Non-REM ia akan mengingat suara ibu, suara ayah, suara televisi atau suara pintu.

"Stimulasi yang didapatkan si anak ini akan mempengaruhi perkembangannya dan bayi yang terganggu tidurnya bisa mengalami masalah terutama mental seperti gangguan tingkah laku," ujar dr Rosalina.

Hal ini juga didukung oleh studi yang menggunakan bayi di dalam inkubator yang mana ia tidur sendiri, tidak ada ibu, dan pintu inkubator seringkali dibuka untuk mengambil darah bayi atau membetulkan posisi oksigen.

Dalam studi ini diketahui bayi yang tidurnya terganggu atau sering terbangun akan mengalami masalah tumbuh kembang salah satunya adalah mengganggu kepercayaan si bayi terhadap orang dewasa.

"Untuk itu sebaiknya bayi jangan sering terbangun ketika sedang tidur terutama di malam hari," ujar dr Rosalina dari Divisi Perinatologi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Seorang bayi yang baru lahir hingga ia berusia 2 bulan membutuhkan waktu tidur sampai 18 jam sehari, bayi berusia 3-11 bulan membutuhkan waktu tidur 9-12 jam dan ditambah dengan tidur siang. 



Terimakasih anda telah membaca artikel Bayi Jangan Sering Bangun Ketika Tidur Agar Otaknya Optimal Silahkan baca artikel Yepi Share Everything Tentang Yang lainnya. Dan saya ucapkan juga terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Bermanfaat untuk anda.
Jangan Lupa Gabung Bersama Kami Dengan Like Facebook Di Bawah Ini :

1 komentar:

ArhyErna_Blog mengatakan...

bahaya yach sob...??? artikel bermanafaat sobat...!!! nice sahre sob...!!!

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan segala bentuk link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM