Keistimewaan dan Sejarah Shalat Jum'at


   Assalamu'alaikum Wr.Wb.
   Keistimewaan dan Sejarah Shalat Jum'at, berhubung hari ini hari jum'at maka saya menulis artikel mengenai Keistimewaan dan Sejarah Shalat Jum'at. Langsung saja ya sobat.
    Hari Jum’at adalah sayyidul ayyam. Artinya Jum’at mempunyai keistemewaan dibandingkanhari lain. Jika nama-nama hari yang lain menunjukkan urutan angka (ahad artinya hari pertama, itsnain atau senin adalah hari kedua, tsulatsa atau selasa adalah hari ketiga, arbi’a atau Rabu adalah hari keempat dan khamis atau kamis adalah hari kelima), maka Jum’at adalahjumlah dari kesemuanya.
   Menurut sebagian riwayat kata Jum’at diambildari kata jama’a yangartinya berkumpul. Yaitu hari perjumpaan atau hari bertemunya Nabi Adam danSiti Hawa di Jabal Rahmah. Kata Jum’at juga bisa diartikan sebagai waktuberkumpulnya umat muslim untuk melaksanakan kebaikan shalat Jum’at.
   Salah satu bukti keistimewaan hari Jum’atadalah disyariatkannya sholat Jum’at. Yaitu shalat dhuhur berjamaah pada hariJum’at. -Jum’atan-. Bahkan mandinya hari Jum’at pun mengandung unsur ibadah,karena hukumnya sunnah.
   Dalam Al-Hawi Kabir karyaal-Mawardi, Imam Syafi’i menjelaskan sunnahnya mandi pada hari Jum’at. Meskipunsholat Jum’at dilaksanakan pada waktu sholat dhuhur, namun mandi Jum’at bolehdilakukan semenjak dini hari, setelah terbit fajar. Salah satu haditsmenerangkan bahwa siapa yang mandi pada hari Jum’at dan mendengarkan khutbahJum’at, maka Allah akan mengampuni dosa di antara dua Jum’at.
   Oleh karena itu, baiknya kita selalumenyertakan niat setiap mandi di pagi hari Jum’at. Karena hal itu akanmemberikan nilai ibadah pada mandi kita. Inilah yang membedakan mandi di pagihari Jum’at dengan mandi-mandi yang lain.
    EmpatPuluh Orang
Shalat Jum’at -Jum’atan- bisa dianggap sebagaimuktamar mingguan mu’tamar usbu’i- yang mempunyai nilai kemasyarakatan sangattinggi. Karena pada hari Jum’at inilah umat muslim dalam satu daerah tertentudipertemukan.
    Mereka dapat saling berjumpa, bersilaturrahim,bertegur sapa, saling menjalin keakraban. Dalam kehidupan desa Jum’atan dapatdijadikan sebagai wahana anjangsana. Mereka yang mukim di daerah barat bisabertemu dengan kelompok timur dan sebagainya.
    Begitu pula dalam lingkup perkotaan, Jum’atanternyata mampu menjalin kebersamaan antar karyawan. Mereka yang setiap harinyasibuk bekerja di lantai enam, bisa bertemu sesama karyawan yang hari-harinyabekerja di lantai tiga dan seterusnya.
   Kebersamaan dan silaturrahim ini tentunya sulitterjadi jikalau Jum’atan boleh dilakukan seorang diri seperti pendapat IbnuHazm, atau cukup dengan dua orang saja seperti qaul-nya Imam Nakho’i, ataupendapat Imam Hanafi yang memperbolehkan Jum’atan dengan tiga orang sajaberikut Imamnya.
   Oleh sebab itu menurut Imam Syafi’i Jum’atanbisa dianggap sah jika diikuti oleh empat puluh orang lelaki. Dengan kat lain,penentuan empat puluh lelaki sebagai syarat sah sholat Jum’at oleh Imam Syafi’imemiliki faedah yang luar bisa.
   Hal ini membuktikan betapa epistemogi aswaja-ahlussunnah wal jama’ah- yang dipraktikkan oleh Imam Syafi’i selalumendahulukan kepentingan bersama. Kebersamaan dan persatuan umat dalam polapikir aswaja -ahlussunnah wal jama’ah- adalah hal yang sangat penting. Tidakhanya dalam ranah aqidah dan politik saja, tetapi juga dalam konteks ibadah.
   Demikian artikel mengenai  Keistimewaan dan Sejarah Shalat Jum'at, semoga dapat menjadikan manfaat bagi anda sekalian.
   Wassalam

Sumber:http://www.facebook.com/notes/kolom-hukum/sejarah-hari-jumat-dan-keistimewaan-sholat-jumat/308684679157231?ref=nf
Terimakasih anda telah membaca artikel Keistimewaan dan Sejarah Shalat Jum'at Silahkan baca artikel Yepi Share Everything Tentang | Yang lainnya. Dan saya ucapkan juga terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Bermanfaat untuk anda.
Jangan Lupa Gabung Bersama Kami Dengan Like Facebook Di Bawah Ini :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan segala bentuk link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM