Tips Cara Merawat Mata Agar Selalu Sehat

   Tips Cara Merawat Mata Agar Selalu Sehat. Mata adalah jendela dunia. Lewat mata kita bisa mengerti, mengetahui, melihat dan masih banyak hal lagi. Namun perlu kita perhatikan juga keberadaannya. Bukan hanya tubuh saja yang bisa merasakan kecapaiaan atau kelelahan. Mata kita pun bisa juga mengalami hal serupa. Maka perlu juga mengistirahatkan mata kita.


Dari sekian banyaknya aktifitas, mata selalu kita gunakan. Maka perlu dilakukan perawatan khusus. Banyak cara untuk merawat mata. Tapi yang terpenting adalah membuat mata kita sejenak beristirahat dari rutinitas. Istirahat di sini bukan berarti saat kita sedang tidur.

Coba kita bayangkan, setiap saat kita bekerja berjam - jam di depan komputer, atau menonton televisi, membaca buku, dan banyak sekali aktifitas lainnya. Kita tidak menyadari betapa beratnya mata kita telah bekerja. Mata merupakan bagian terpenting dari panca indera. Meski anda cukup banyak waktu untuk tidak menonton televisi, tidak membaca buku atau tidak berlama - lama di depan komputer tetap saja mata kita butuh istirahat. Agar kondisi mata kita tetap sehat dan baik.


1. Seringlah berkedip.
Kenapa harus sering berkedip? Dengan berkedip, mata akan memproduksi air mata yang fungsinya melembabkan. Sehingga mata kita tidak kering. Mungkin terasa aneh bila harus sering berkedip. Bila kita sedang bekerja di depan komputer, menonton televisi atau membaca buku kita bisa lupa mengedipkan mata. Akibatnya kita sering merasakan mata kita kering dan pedih.

2. Perhatikan Pencahayaan dalam ruangan
Mengatur cahaya dalam ruangan sangat diperlukan sebab sangat berpengaruh bagi kenyaman kita terutama pada penglihatan. Gunakan porsi yang tepat untuk mengatur pencahayaan di tiap ruangan. Seperti ruang kerja, gunakan cahaya yang terasa nyaman buat mata kita. Jangan terlalu terang atau terlalu redup.

3. Gunakan Pengaman pada layar Komputer
Bila anda sering bekerja dengan komputer ataupun laptop jangan lupa melengkap layar monitornya dengan pelindung. Agar penglihatan kita terbebas dari radiasi yang ditimbulkan oleh layar monitor.

4. Hindari tempat - tempat yang banyak asap.
Asap bisa menyebabkan iritasi pada mata ini wajib untuk dihindari. Perlu juga diperhatikan bahwa kita sebaiknya mengurangi aliran udara yang melewati mata. Misalkan bila kita menggunakan kipas angin, usahakan jangan sampai aliran udara dari kipas tersebut terlalu sering melewati mata. Ini bisa menyebabkan mata kita cepat kering.

5. Gerakkan bola mata
Bila terjadi iritasi pada mata kita sebaiknya bola mata kita gerakkan berputar - putar dalam keadaan mata terpejam. Peganglah mata yang terpejam dengan telapak tangan selama 10 detik.

6. Uapi kedua mata
Untuk mengatasi kelelahan pada mata kita adalah dengan penguapan. Gunakan daun sirih. Caranya, masukkan beberapa lembar daun sirih kedalam wadh, lalu tuangkan air panas. Tundukkan wajah di atas wadah tersebut. Dengan begini rasa lelah yang membebani mata kita akan hilang.

7. Gunakan obat tetes mata
Kita bisa menggunkan obat tetes mata untuk mengatasi mata kita yang kelelahan atau mengalami iritasi. Tapi kita perlu bijaksana dalam menggunakannya. Gunakan sesuai petunjuk pemakaian agar aman bagi mata dan bila perlu berkonsultasilah kepada dokter mata bila ada keluhan pada penglihatan kita terutama pada kedua mata kita.

Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Selamat Hidup Sehat!!

Terimakasih anda telah membaca artikel Tips Cara Merawat Mata Agar Selalu Sehat Silahkan baca artikel Yepi Share Everything Tentang Yang lainnya. Dan saya ucapkan juga terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Bermanfaat untuk anda.
Jangan Lupa Gabung Bersama Kami Dengan Like Facebook Di Bawah Ini :

1 komentar:

Nila mengatakan...

ikut nyimak ya gan, ditunggu tips2 dan artikel menariknya selanjutnya gan :)

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan segala bentuk link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM