Deteksi Depresi Lewat Tes Darah

  Deteksi Depresi Lewat Tes DarahTes darah sudah menjadi alat bantu untuk membantu dokter mendiagnosa berbagai penyakit dan pengobatannya. Kini tes darah juga membantu psikiatri menemukan gangguan kesehatan mental serta membuat pilihan dalam perawatannya.

Ilmuwan Belanda meneliti variasi dalam gen (DNA) untuk meneliti individu yang sehat dan pasien yang didiagnosis dengan penyakit depresi (PDK). Hasilnya, peneliti dapat mengidentifikasi adanya perbedaan dalam satu set tujuh gen darah utuh antara pasien depresi dengan kelompok kontrol yang sehat. 

"Temuan ini merupakan yang pertama kali, tapi merupakan langkah besar untuk menyediakan alat diagnostik molekuler untuk depresi," jelas Dr Sabine Spijker, penulis penelitian ini.

Meskipun psikiatri memiliki kriteria mendiagnosis gangguan kesehatan mental, sebagian diagnosis akan bias dan sangat sulit dilakukan pada mereka yang enggan berkomunikasi. Adanya tes darah untuk melihat masalah kesehatan mental juga membantu mengurangi stigma yang ada. 

"Terlalu dini untuk yakin bahwa ekspresi gen akan membawa kita untuk mendiagnosis atau prognostik untuk depresi. Namun, tujuan penelitian ini sangat penting," ujar Dr John Krystal, editor Biological Psychiatry seperti dilansir WorldWideHealth.

Dia menambahkan, ekspresi gen dapat digunakan untuk mendeteksi sensitivitas dan membantu dokter mendiagnosis atau memilih perawatan untuk gangguan mental. 


Penulis berharap bahwa studi ini merupakan batu loncatan untuk menemukan penanda yang bisa memprediksi hasil pengobatan dan kekambuhan penyakit.



Terimakasih anda telah membaca artikel Deteksi Depresi Lewat Tes Darah Silahkan baca artikel Yepi Share Everything Tentang Yang lainnya. Dan saya ucapkan juga terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Bermanfaat untuk anda.
Jangan Lupa Gabung Bersama Kami Dengan Like Facebook Di Bawah Ini :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan segala bentuk link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM