9 Tanda Penuan Dini dan Solusinya

  9 Tanda Penuan Dini dan Solusinya - Jika anda menemukan beberapa bintik hitam di wajah anda. Tanda tersebut merupakan awal timnbulnya penuaan pada kulit anda. Dengan segala perubahan yang ada pada tubuh kita, pastinya penuaan akan menunjukkan bahwa kulit kita berubah. Hal ini sangat wajar, tidak berbahaya namun tidak dapat dihindari, dilain sisi anda dapat mencegahnya.




Penuaan kulit adalah proses yang kompleks, yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti genetik dan paparan sinar matahari. Selain ini, ada faktor lain yang dapat mempengaruhi kronologi penuaan pada kulit kita seperti perubahan hormon [terutama pada wanita], jumlah sel  berkurang, penurunan kadar lemak, kehabisan oksigen, pembentukan sel yang abnormal, dan penutupan  sel genetik yang telah terjadi sebelumnya. Semua faktor inilah yang  menyebabkan perubahan kumulatif dalam tubuh anda.
1. Keriput dan garis penuaan
Dengan terjadinya penuaan, munculnya keriput adalah tanda pertama yang paling jelas terlihat dan harus diperhatikan. Biasanya pada kulit yang bertipe kering dan tipis terdapat garis-garis disekitar bawah mata anda [disebut sebagai kaki gagak].
Penebalan yang tidak teratur pada lapisan kulit bersamaan dengan turunnya kadar air pada kulit anda dari lapisan bawah kulit anda juga akan memicu timbulnya kerutan pada kulit anda.
2. Kulit Kusam
Biasanya, urat yang lentur dan kolagen yang menjadi pusat untuk menjaga kulit anda terhadap masalah kulit. Ketika urat ini melemah dan kadar kolagen menurun , kulit menjadi longgar dan tipis. Selanjutnya, kulit akan  kehilangan lemak dan jaringan seiring dengan bertambahnyausia, hal ini membuat kulit mati sehingga menimbulkan kusam pada kulit anda. Selain itu, jika hal ini sudah terjadi, kulit akan mudah mengendor.
3. Kulit kering
Kulit memproduksi sebum sendiri, yang dapat melindungi dan mencegah akan kehilangan kelembaban kulit. Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan memproduksi lebih sedikit sebum, sehingga kulit akan mudah rapuh dan kering, terutama di bawah paparan sinar matahari yang tajam. Di cuaca dingin, iklim yang kering dan berangin akan dengan mudah menjadikan kulit anda bersisik dan akn menimbulkan rasa gatal. Oleh karena itulah kulit membutuhkan perlindungan dari sebum.
4. Bintik hitam akibat bertambahnya usia
Usia terus bertambah, bintik-bintik cokelat  pada kulit kita pun akan mulai bermunculan, biasanya dikenal dengan sebutan ‘flek hitam’, yang pasti akan kita temui di daerah punggung tangan dan wajah kita. Pada tahap awal bintik-bintik tersebut berwarna terang , namun pada  akhirnya bintik-bintik tersebut akan berubah menjadi warna kecoklatan dan akan menjadi masalah pada kulit anda. Hal ini bisa disebut dengan penuaan dini. Bintik-bintik ini juga akan menyebabkan masalah saat anda akan menerapkan make-up pada wajah anda. Penuaaan dini terbentuk karena sinar ultraviolet  yang di timbulkan oleh sinar matahari saat anda berjemur atau saat anda berpergian tanpa menggunakan topi sebagai pelindung kulit wajah anda.



5. Pembesaran pori-pori
Genetika dan usia dua faktor utama yang dapat memicu terjadinya  pori-pori kulit membesar. Biasanya, mereka yang dasarnya memiliki kulit tebal dan berminyak, pori-pori kulit mereka lebih besar. Kerusakan akibat sinar matahari, kotoran, bakteri dan elastisitas kulit menurun juga merupakan pemicu pori-pori membesar.
6. Kulit belang
Kulit kemerahan, pembuluh darah rusak, bintik-bintik coklat, kulit kering dan hiperpigmentasi adalah penyebab kukit terlihat belang dan terlihat tidak mulus.
Berikut adalah beberapa tips bagi Anda agar terlihat lebih muda.
Melindungi
Salah satu penyebab utama yang membuat kulit anda terlihat tidak mulus , dan kanker kulit adalah akibat dari paparan sinar matahari. Melindungi kulit adalah hal utama yang hal harus dilakukan untuk mencegah timbulnya tanda- tanda penuaan dini pada kulit anda. Lindungi kulit anda dengan memakai tabir surya atau pelembab dengan SPF 28 atau lebih setiap kali Anda berada di luar ruangan ataupun didalam ruangan.
7. Berhenti merokok
Merokok dapat menyempitkan pembuluh darah, yang mana dapat menurunkan aliran darah dan menghambat sirkulasi oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit. Hal ini dapat menyebabkan kulit anda menjadi kusam, kulit tak akan bisa bernafas, dan timbul bintik-bintik coklat. Merokok juga menyebabkan penuaan dini karena dapat mengurangi kolagen pada kulit anda. Jadi, untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya, anda harus berhenti merokok.
8. Lembabkan
Dengan menggunakan pelembab anti-penuaan yang baik adalah bagian penting dari cara anda merawat kulit anda sehari-hari.Hal ini dikarenakan pelembab dapat meningkatkan kapasitas air yang terdapat pada kulit.
Asam retinoic, vitamin A yang teroksidasi, membantu dalam menjaga kulit yang terhidrasi. Pastikan bahwa Anda juga mendapatkan kebutuhan akan vitamin A yang dapat anda dapatkan dari makanan seperti keju, ikan cod dan telur. Anda juga dapat menerapkan krim yang mengandung asam retinoat.
9. Pertimbangkan Perawatan
Anda dapat menggunakan prosedur kosmetik untuk memperbaiki tekstur kulit. Garis-garis halus dan kulit keriput dapat ditingkatkan dengan memperbaiki permukaan kulit (resurfacing) dengan jalan operasi dermatologi, chemical peeling, laser atau mikro dermabrasi. Peeling kimiawi juga dapat membantu untuk meratakan warna kulit dan memperbaiki tekstur kulit.
Chemical peeling superfisial, menengah dan mendalam serta mikro dermabrasi dapat  membantu kulit anda dalam meremajakan kulit lapisan atas wajah anda. Botox adalah perawatan yang paling efektif untuk mengatasi masalah keriput,kerutan, dan garis di dahi anda.
Filler [seperti asam hialuronat] dapat digunakan untuk mengurangi  garis dan keriput, membuat kulit semakin berisi alias tidak kendor, terlihat lebih muda. Operasi plastik pada wajah melibatkan pengencangan kulit dan reposisi jaringan wajah yang dapat mengubah struktur jaringan kendur.
Ingat, anda tidak dapat menerapkan solusi ini untuk membuat wajah anda lebih muda, tapi solusi ini pasti dapat meningkatkan penampilan dan membuat wajah anda tampak lebih terawat.
Terimakasih anda telah membaca artikel 9 Tanda Penuan Dini dan Solusinya Silahkan baca artikel Yepi Share Everything Tentang | Yang lainnya. Dan saya ucapkan juga terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Bermanfaat untuk anda.
Jangan Lupa Gabung Bersama Kami Dengan Like Facebook Di Bawah Ini :

1 komentar:

Tips Menghilangkan Jerawat - Tips Merawat Wajah Muka mengatakan...

wajah yg teraawt mng tentunya akan lebih baik, dr pd yg tidk pernah d rawat kan.............

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan segala bentuk link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM