Tertawa Membuat Kita Sehat dan Awet Muda

   Tertawa Membuat Kita Sehat dan Awet Muda. Ada istilah “Mensana In Corpore Sano” yang artinya di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, bagimana jika dibalik istilahnya “Corpore Sano In Mensana” yang artinya di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat.

   Jiwa yang sehat ditandai dengan perasaan senang. Perasaan senang ini dapat diungkapkan dengan cara tertawa. Mungkin sudah rahasia umum bahwa tertawa itu sehat bagi jiwa dan rohani.
Menurut sebuah studi dari Loma Linda University’s Schools of Allied Health (SAHP) and Medicine, tertawa yang berulang-ulang mempunyai efek yang sama dengan olahraga terhadap tubuh. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa tertawa tidak hanya menguatkan mood positif, tetapi juga menurunkan hormon stres, meningkatkan aktivitas kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, dan tekanan darah. Efek ini sama dengan efek aktivitas fisik tingkat sedang.


   Selain sehat, tertawa pun menjadi obat awet muda paling ampuh. Pernah dengar perkataan ini ? “Jangan suka marah-marah nanti cepat tua…”. Hal itu memang benar, namun berbanding terbalik dengan efek tertawa.

Berikut logika psikologi bahwa tertawa punya efek awet muda :
Mengurangi stress
Tertawa nampak akan mengurangi tingkat stress tertentu dan menumbuhkan hormon. Hormon stress akan menekan sistem kekebalan, sehingga meningkatkan jumlah platelet (sesuatu yang dapat menyebabkan gangguan dalam arteri) dan meningkatkan tekanan darah.

Meningkatkan kekebalan
Tertawa pada dasarnya akan membawa keseimbangan pada semua komponen dalam sistem kekebalan pada tubuh. Anda tidak akan rentan penyakit karenanya.

Melegakan pernafasan
Tertawa akan meningkatkan aliran darah dan oksigen dalam darah, yang dapat membantu pernapasan.

Mencegah penyakit
Ada suatu alasan yang dipercayai bahwa tertawa akin membantu mencegah penyakit misalnya, gagal jantung. Marah dan takut adalah dua emosi yang biasa menyebabkan terjadinya serangan jantung

Mengurangi rasa sakit
Tertawa dapat mengurangi rasa sakit karena efeknya dapat melepaskan endorphins yang lebih kuat dibandingkan morfin.

Tertawa itu mudah dan murah, untuk itu mari kita budayakan tertawa. Namun jangan sampai tertawa ga jelas sendirian nanti di kata ga waras. Terimakasih telah membaca artikel Tertawa Membuat Kita Sehat dan Awet Muda. Semoga bermanfaat untuk anda.

Source :
com/adminhttp://id.shvoong.com/medicine-and-health/1854043-manfaat-tertawa/
http://hidayatullah.com/berita/iptek/11525-tertawa-punya-efek-sama-dengan-olahraga
http://alhakim.wordpress.com/2007/05/15/tertawa-obat-awet-muda-terbaik-sepanjang-masa/
Terimakasih anda telah membaca artikel Tertawa Membuat Kita Sehat dan Awet Muda Silahkan baca artikel Yepi Share Everything Tentang Yang lainnya. Dan saya ucapkan juga terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Bermanfaat untuk anda.
Jangan Lupa Gabung Bersama Kami Dengan Like Facebook Di Bawah Ini :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan segala bentuk link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM