7 Yang Harus Dihindari Supaya Otak Tetap Sehat

   Mungkin anda masih belum tahu jika makan berlebihan ternyata bisa mengganggu otak. Selain itu, Masih ada beberapa lagi hal yang sepertinya normal kita lakukan ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan otak kita. Apa saja itu? Berikut saya akan memberi Tips Informasi Kesehatan mengenai 7 Yang Harus Dihindari Supaya Otak Tetap Sehat :

1. Kekenyangan Dalam Jangka Lama
   Hasil Penelitian ilmu gizi, setelah makan berlebihan, zat yang disebut "faktor pertumbuhan tunas sel serat" dalam otak akan bertambah banyak. Jika makan berlebihan berlangsung lama, pasti dapat menyebabkan arteriosclerosis (pengerasan pembulu nadi), dan muncul gejala penurunan dini pada otak. Dan selain itu dapat juga menimbulkan penyakit lambung.



2. Mengabaikan Sarapan Pagi
   Tidak sarapan pagi menyebabkan penyediaan gula darah lebih rendah dari biasanya, penyediaan gizi pada otaktidak cukup, bila berlangsung lama tidak baik bagi otak. Selain itu, kualitas sarapan erat hubungannya dengan perkembangan intelegensi. Misalnya intelegensi anak-anak yang mengkonsumsi makan manis berlebihan kadang-kadang lebih rendah.


3. Merokok Dalam Jangka Panjang
   Hasil penelitian ilmuwan Jerman menyatakan, bahwa merokok sepanjang tahun mudah menyebabkan demensia usia lanjut. Sebab merokok dalam jangka panjang dapat mengakibatkan Arteri Osclerosis (Penggeseran Pembulu Nadi), lama kelamaan menyebabkan suplai darah ke otak tidak cukup, akibatnya terjadi perubahan patologis pada sel saraf, selanjutnya terjadi penyusutan otak.






4. Kurang Tidur
   Cara utama otak besar menghilangkan lelah adalah tidur. Kurang tidur yang berlangsung lama atau kualitas tidur buruk, hanya akan mempercepat lemahnya sel otak, orang yang pintar juga akan berubah menjadi linglung (Alpa). Menurut hasil peneliti modern, bahwa pertumbuhan remaja, selain faktor keturunan, gizi, olahraga dsb, juga berhubungan erat dengan pengeluaran hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan adalah suatu suatu hormon yang dapat mendorong pertumbuhan tulang, otot dan organ dalam. Karena pengeluaran hormon pertumbuhan berhubungan erat dengan tidur, yaitu setelah tidur pulas terdapat suatu puncak pengeluaran besar, selanjutnya, ada beberapa puncak pengeluaran kecil, namun diluar kondisi tidur, pengeluaran hormon pertumbuhan menjadi berkurang.


5. Pendiam (Jarang Berbicara)
   Dalam otak besar terdapat daerah penyampaian bahasa, sering berbicara juga mendorong pertumbuhan dan melatih fungsi otak besar. Sebaiknya banyak berbicara pada hal-hal yang ringan, rasional atau tentang kehidupan dsb. Orang yang sepanjang hari diam membisu, selalu, serius dan tidak tersenyum, yang demikian belum tentu pintar.


6. Polusi Udara
   Otak besar adalah organ yang paling banyak menghabiskan oksigen disekujur tubuh, rata-rata menghabiskan 500-600 liter oksiden/menit. Hanya dengan suplai oksigen yang cukup baru dapat meningkatkan efektifitas kerja otak besar. Saat berfikir, sangat perlu memperhatikan kebersihan udara dalam lingkungan kerja.Umumnya polutan udara yang saya maksudkan seperti karbondioksida dan ozon.


7. Tidur Dengan Kepala di Bawah Selimut
   Ada yang terbiasa tidur dengan kepala dibawah selimut, tidur dengan kepala dibawah selimut, tidur dengan ditutupi selimut berdampak serius pada pernafasan. Sebab tidur dengan kepala ditutup membuat ruang dibagian kepala menjadi kecil, udara sulit keluar, jika bernafas membuat jumlah oksigen perlahan-lahan berkurang. Pada saat yang sama, ole karena karbondioksida yang dikeluarkan sulit untuk keluar sehinggga menyebabkan karbondioksida di sekitar kepala menjadi padat. Dengan demikian, udara pernafasan tidak dapat memebuat paru-paru mengadakan pertukaran udara sepenuhnya dengan pembuluh darah, akibatnya setiap bagian oragan dalam tubuh kehilangan penyesuaian yang baik, dan kecepatan metabolisme menurun.


   Demikian  Informasi dan Tips 7 Yang Harus Dihindari Supaya Otak Tetap Sehat dari saya semoga bermanfaat untuk pembaca. Salam sukses selalu
Terimakasih anda telah membaca artikel 7 Yang Harus Dihindari Supaya Otak Tetap Sehat Silahkan baca artikel Yepi Share Everything Tentang | | Yang lainnya. Dan saya ucapkan juga terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Bermanfaat untuk anda.
Jangan Lupa Gabung Bersama Kami Dengan Like Facebook Di Bawah Ini :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan segala bentuk link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM