10 Makanan Pendongkrak Kecerdasan Anak

   Setelah saya share tips tentang Tips Membuat Anak Menjadi Cerdas dan Pintar, untuk kali ini saya share tips tentang 10 Makanan Pendongkrak Kecerdasan Anak. Langsung saja, Apakah ingin anda cemerlang disekolah? Cobalah untuk memperhatikan gizi dan nutrisi mereka setiap hari. Selain itu,ada baiknya pula memasukkan 10 jenis makanan terbaik berikut ini. Makanan yang dijuluki "Brain Food" ini diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, meningkatkan daya ingat, dan konsentrasi berpikir anak-anak. Berikut ini jenis-jenis makanannya :

1. SALMON
   Ikan berlemak seperti Salmon merupakan sumber lemak omega-3 - DHA and EPA - yang keduanya penting bagi perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalamm uji kemampuan. Menurut para ahli walaupun Tuna asam omega-3, namun ikan ini tidak sekaya Salmon.


2. Telur
   Telur dikenal sebagai sumber penting protein yang relatif murah dan harganya cukup terjangkau. Bagian kuning Telur ternyata padat akan kandungan kolin, suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.


3. Selai Kacang
   "Kacang tanah (peanut) dan Selai Kacang merupakan salah satu sumber Vitamin E. Vitamin in merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Bersama thianin, Vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.


4. Gandum Murni
   Otak membutuhkan suplai atau persediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Gandum Murni memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam Gandum Murni dapat Membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.


5. OAT/OATMEAL
   OAT merupakan salah satu jenis sereal paling populer di kalangan anak-anak dan kaya akan nutrisi penting bagi otak. OAT dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhan anak-anak mengawali aktifitasnya di pagi hari. Kaya akan kandungan serat, OAT akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. OAT juga merupakan sumber vitamin E , vitamin B, potassium dan seng - yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.


6. Berry
   Strawberry, Cherry, Blueberry dan Blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak pula nutrisi yang dikandungnya. Berry mengandung antioksidan kadar tingggi , khususnya vitamin C yang berfaedah mencegah kanker.Beberapa riset menunjukkan mereka yang mendapatkan ekstrak Blueberry dan Strawberry mengalami perbaikan dalam fungsi daya ingatnya Biji dari buah Berry ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3.


7. Kacang-Kacangan
   Kacang adalah makanan spesial sebab makana ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpkir anak-anak pada puncaknya di sore hari jika dikonsumsi di saat makan siang. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebig banyak asal lemak omega -3 daripada jenis kacang lainnya-khususnya ALA- jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.



8. Sayuran Berwarna
   Tomat, Ubi Jalar Merah, Labu, Wortel, Bayam adalah sauran yang kaya akan nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel otak kuat dan sehat.


9. Susu dan Yogurt
   Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan Yougurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak. Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasi. Vitamin D adalah Vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.


10. Daging Sapi Tanpa Lemak
   Zat Besi adalah jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging Sapi Tanpa Lemak adalah salah satu sumber makanan yang banyak mengandung banyak Zat Besi. Dengan hanya mengonsumsi 1ons perhari, maka tubuh anda akan terbantu dalam penyerapan Zat Besi dari sumber lainnya. Daging Sapi juga mengandung mineral seng yang dapat membantu memelihara daya ingat.



   Nah demikian yang termasuk 10 Makanan Pendongkrak Kecerdasan Anak sekarang tergantung anda sebagai orang tua yang bisa membuat anak anda menjadi no.1 di manapun. Semoga artikel ini bisa di jadikan referensi dan pengetahuan untuk anda sekalian. Terimakasih atas kunjungannya.
Terimakasih anda telah membaca artikel 10 Makanan Pendongkrak Kecerdasan Anak Silahkan baca artikel Yepi Share Everything Tentang | | Yang lainnya. Dan saya ucapkan juga terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Bermanfaat untuk anda.
Jangan Lupa Gabung Bersama Kami Dengan Like Facebook Di Bawah Ini :

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar anda disini dan gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar. Dilarang keras memasukkan segala bentuk link dalam komentar, karena itu dianggap SPAM